Cara Menggunakan PuTTY

Cara Menggunakan PuTTY untuk Telnet, SSH, VirtualBox dan Internet Gratis di Windows 7/10 – PuTTY merupakan salah satu program koneksivitas jaringan yang bisa dibilang memiliki fitur multi-platform, dengan menggunakan PuTTY di Windows ataupun HP android, maka Anda bisa dengan mudah melakukan eksekusi pada sebuah jaringan server misalnya VPS, RDP hingga Telnet sehingga Anda bisa terhubung dengan jaringan tersebut melalui bantuan koneksi remote conection secara online.

Jadi dengan memanfaatkan jaringan protokol (remote), maka PuTTY bisa dengan mudah terhubung ke dalam server lain secara aman dan anonymous, selain itu aplikasi PuTTY ini juga seringkali digunakan untuk mengakses VirtualBox hingga dipakai untuk internetan secara gratis, namun jika aplikasi ini digunakan untuk mengakses selain dari server, maka Anda perlu melakukan konfigurasi khusus pada PuTTY, dan agar lebih mudah Anda juga perlu mengatahui perintah dasar PuTTY terlebih dahulu.

Oleh sebab itu bagi Anda yang masih awam dengan aplikasi PuTTY, di artikel ini saya akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara menggunakan PuTTY yang baik dan benar melalui windows 7/10, selain itu Anda juga dapat mencoba tutorial PuTTY dibawah untuk internet gratis ataupun mengakses jaringan Telnet.

Daftar isi

Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Sebelum masuk ke tutorial penggunaan aplikasi PuTTY di windows ataupun HP android, tentu saja Anda perlu mempersiapkan beberapa file diantaranya adalah:

  • Aplikasi Putty.
  • Server (VPS atau SSH).
  • Detail Login Server (user & password).
Lihat juga cara menggunakan VPN di Windows

Cara ini saya contohkan mengakses server VPS dari HetZner memakai aplikasi PuTTY.

Cara Menggunakan Putty di Windows 7 & 10

  1. Langkah pertama silahkan Anda download terlebih dahulu aplikasi PuTTY melalui situs resmi mereka (disini).
  2. Kemudian install program tersebut pada komputer windows yang Anda gunakan.
  3. Setelah itu buka PuTTY dan isikan IP server VPS pada kolom Host Name, lalu masukkan port default yaitu 22 kemudian klik Open.Menggunakan Putty di Windows 7
  4. Selanjutnya akan muncul notifikasi PuTTY Security Alert, dan silahkan Anda klik saja Yes.
  5. Lalu masukkan username VPS Anda, secara default server VPS bisa menggunakan user root, jika sudah klik Enter pada keyboard.Cara Memakai Putty
  6. Selanjutnya masukkan password VPS Anda, dan jika password tersebut rumit, silahkan Anda copy dan paste dengan cara klik kanan pada terminal lalu klik Enter.
  7. Jika username & password yang Anda masukkan benar, maka secara otomatis PuTTY akan langsung terhubung dengan server VPS tersebut.Pakai Putty Untuk Akses SSH
  8. Sampai disini Anda sudah berhasil mengakses server VPS menggunakan aplikasi PuTTY, selanjutnya Anda sudah bisa untuk mulai menjalankan berbagai macam perintah melalui command line.

Bagaimana mudah bukan tutorial penggunaan PuTTY di windows? selain itu aplikasi PuTTY ini sebenarnya bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam jenis server, seperti contohnya server Telnet, VirtualBox, SSH, Ubuntu, UBNT hingga digunakan untuk internetan secara gratis, agar lebih lengkap silahkan simak fitur-fitur yang ada di aplikasi PuTTY sebagai di bawah ini.

  • Mendukung sistem operasi Windows 32-Bit dan 64-Bit.
  • Terdapat port khusus untuk Mac dan Linux Ubuntu server.
  • Mendukung sistem operasi Windows.
  • Dapat digunakan pada perangkat Windows 32-Bit dan 64-Bit.
  • Memiliki lisensi gratis (freeware).
  • Dapat digunakan di HP android.
  • Terdapat opsi SSH Client, Telnet Client, SFTP dan Relogin.
  • Sudah mendukung public-key untuk melakukan login pada server.

Pertanyaan Seputar PuTTY

Apakah PuTTY dapat Digunakan untuk Internet Gratis?

Sampai detik ini penggunaan PuTTY hanya dapat dilakukan untuk mengakses sebuah jaringan server seperti SSH, VPS, Ubuntu dan RDP.

Apakah bisa Digunakan untuk Akses Telnet dan VirtualBox?

Bisa sekali, Anda dapat terhubung dengan mudah ke jaringan Telnet ataupun VirtualBox menggunakan PuTTY.

Bagaimana Konfigurasi dan Perintah Dasar PuTTY?

Untuk bisa terhubung ke sebuah jaringan, memang Anda perlu melakukan konfigurasi pada aplikasi PuTTY terlebih dahulu, dan jika Anda belum tahu caranya, silahkan simak pada artikel ini.

Demikianlah artikel mengenai cara menggunakan Putty di Windows 7 dan 10, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar jika ada cara diatas yang masih belum Anda pahami, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar