Cek KTP Via Internet

Cara Cek KTP Via Internet 2019 – Pada era perkembangan teknologi yang serba modern seperti sekarang, tentu saja banyak hal yang dapat dilakukan dengan mudah melalui dunia maya / internet, seperti contohnya jika Anda ingin mendaftar pekerjaan, mengirim surat lamaran bahkan melakukan pengecekan data pribadi seperti e-KTP melalui web browser secara online.

Bagaimana? sangat mudah bukan dengan adanya kemajuan teknologi saat ini? jadi Anda tidak perlu repot lagi untuk pergi ke kantor dukcapil terdekat hanya untuk melakukan pengecekan e-KTP.

Selain itu, memiliki kartu tanda penduduk (KTP) memang menjadi hal yang wajib bagi kita sebagai warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun keatas, apalagi pada tahun 2009 silam, pemerintah Indonesia menghimbau kepada masyarakat untuk mengganti KTP miliknya menjadi e-KTP atau yang dikenal dengan electronic-KTP.

Sebenarnya pihak Kemendagri (kementrian dalam negeri) juga sudah menyediakan layanan cek KTP / e-KTP pada setiap Provinsi yang ada di Indonesia, selain itu layanan tersebut juga dibuka secara publik, artinya semua orang dapat mengakses dan melakukan pengecekan data KTP mereka hanya dengan memasukkan nomor NIK nya saja.

Namun yang menjadi masalah saat ini adalah masih benyak orang diluar sana yang belum mengetahui cara cek KTP via online melalui internet, apalagi bagi masyarakat yang sangat awam pada dunia maya, tentu saja akan sangat kesulitan, bahkan belum pernah mengetahui cara dan informasi tersebut.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara cek KTP via internet secara online melalui web browser, jadi silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

Cara Cek KTP Via Internet

Untuk melakukan pengecekan data KTP melalui online, sebenarnya sangat mudah sekali untuk dilakukan, hanya dengan menggunakan bantuan aplikasi browser yang terinstall pada android atau PC, maka Anda bisa mencoba melakukanya sendiri dirumah.

Namun perlu Anda ketahui jika tidak semua KTP warga Indonesia bisa dicek melalui satu (1) website, jadi setiap provinsi akan memiliki website pengecekan resmi masing-masing, contohnya jika Anda penduduk Jawa Tengah, maka ada situs khusus untuk wilayah tersebut, jadi jika Anda warga Jawa barat juga tidak bisa menggunakan situs yang dikhususkan untuk warga Jawa Tengah.

Berikut situs resmi Kemedagri sesuai wilayah masing-masing:

Jawa Tengahhttp://pelayanan-disdukcapil.magelangkab.go.id/cekdata
https://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_ktp_el
http://dindukcapil.rembangkab.go.id/cekdata/cek_ktp_el
https://dispendukcapil.patikab.go.id/cekdata/ktpel
Jawa Barathttps://disdukcapil.bandung.go.id/cari-biodata
Kalimantanhttps://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk

Langkah-langkah pengecekan e-KTP / KTP secara Online

  • Buka situs resmi Kemendagri sesuai wilayah Anda, lalu pilih opsi CEK KTP-EL.
  • Masukkan nomor NIK pada kolom yang tersedia, dan isikan kode keamanan yang ada pada gambar, jika sudak klik Cek.Cara Cek KTP Melalui Internet
  • Jika nomor NIK yang Anda masukkan benar, maka akan muncul informasi mengenai KTP / e-KTP yang sesuai dengan nomor NIK tersebut.Cek KTP Berdasarkan NIK Via Internet
  • Namun muncul tulisan “Undefined”, maka bisa dipastikan KTP milik Anda belum terdaftar, dan sebaiknya bisa tanyakan langsung ke kantor layanan kelurahan terdekat agar bisa segera diproses.

Nah sampai disini maka Anda sudah berhasil mencoba mengecek KTP secara online via internet, walaupun mudah, namun pastikan untuk selalu berhati-hati pada situs yang digunakan, karena saat ini banyak ditemukan situs palsu yang menawarkan fitur cek KTP secara online, dan yang ditakutkan adalah jika data KTP tersebut bisa disalahgunakan oleh orang lain.

Waspada Web / Situs Kemendagri Palsu

Zudan Arif Fakrulloh (dirjen dukcapil) mengatakan bahwa, untuk melakukan pengecekan data NIK dan KTP hanya dapat dilakukan dari situs resmi Kemendagri, beliau pun juga mengatakan bahwa tidak pernah menyediakan aplikasi cek KTP dan sebagainya yang bisa digunakan di android atau iPhone.

Maka dari itu masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati lagi saat ingin melakukan pengecekan data KTP melalui media online seperti yang saat ini banyak diperbincangkan, pastikan untuk lebih teliti dan website yang digunakan adalah situs resmi dari Kemendagri.

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar jika masih ada cara diatas yang belum Anda ketahui, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar