Error P02 Canon MP287

Cara Mengetasi Error P02 Canon MP287 – Pertemuan kali ini saya akan membagikan cara untuk mengatasi serta memperbaiki Error kode P02 yang sering terjadi pada printer Canon khususnya tipe MP287, jadi bagi Anda yang memiliki printer tersebut dan sering mengalami masalah munculnya kode error disaat ingin melakukan proses scan dan fotokopy.

Printer Canon tipe MP287 juga terbilang salah satu jenis printer multifungsi karena selain dapat digunakan untuk fotocopy dan mencetak dokumen, printer ini ternyata juga sudah dilengkapi dengan fitur scanner modern, sehingga dapat memudahkan kita saat ingin melakukan scan data pribadi seperti KTP, KK dan lain sebagainya.

Selain memiliki fitur canggih, printer canon ini juga sangat mudah saat digunakan oleh pengguna awam, apalagi disaat proses scan dan fotokopy yang terasa lebih cepat bahkan bisa dilakukan bersamaan secara langsung dengan kurun waktu kurang dari 1 menit saja.

Menariknya lagi printer Canon MP287 ini juga sudah dapat dipasang tabung infus yang akan memudahkan Anda saat ingin mengisi ulang tinta yang sudah habis, jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menggunakan suntikan dan mencopot wadah catridge terlebih dahulu, cukup membeli tinta isi ulang yang sudah banyak dijual di pasaran.

Meskipun demikian, namun beberapa pengguna printer Canon MP287 juga sering mengeluh karena ada banyak kasus error pada printer yang sering terjadi, dan contoh error yang paling umum terjadi adalah munculnya kode P02 saat printer dihidupkan, alhasil Anda tidak akan bisa mengoperasikan printer tersebut saat kode error P02 muncul.

Oleh sebab itu bagi Anda yang mengalami masalah error P02, maka tidak perlu hawatir karena disini saya akan mengajarkan kepada Anda cara memperbaiki error P02 yang sering muncul pada printer merek Canon.

Cara Mengatasi Error P02 Canon MP287

Cara Memperbaiki Error Kode P02 di Printer Canon MP287

Untuk memperbaiki error P02 yang sering terjadi pada printer jenis Canon sebenarnya sangat mudah sekali, dan Anda pun bisa mencoba memperbaikinya sendiri melalui beberapa cara yang akan saya jelaskan dibawah ini, jadi Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa perbaikan di tukang service printer.

Cara Pertama

  1. Matikan printer telebih dahulu dengan cara cabut kabel Power dan USB.
  2. Kemudian buka casing printer dengan menggunakan obeng.
  3. Selanjutnya cek pada bagian Roller Penarik Kertas, jika ditemukan roller yang patah, segeralah ganti dengan roller yang baru.
  4. Lalu cek lagi pada Jalur Kertas yang ada, pastikan tidak ada benda atau kertas yang terselip pada jalur tersebut.

Cara Kedua

  1. Langkap pertama untuk memperbaiki error P02 pada printer canon yaitu lakukanlah cek pada bagian Jalur Pergerakan Catridge, jika ada kertas yang robek gantilah dengan yang baru.
  2. Kemudian cek pada bagian Selang Infus, jika terdapat selang yang tersangkut dan membuat aliran tinta macet, segeralah ubah posisi selang tersebut.
  3. Lalu cek pada bagian Tray dan Jalur Kertas Keluar, jika ada benda yang terselip, silahkan untuk mematikan printer dan hidupkan kembali.
  4. Selanjutnya cek Motor/Dinamo yang berada pada bagian dalam printer, pastikan dinamo tersebut masih berfungsi dengan baik.

Cara Ketiga

  1. Pastikan kondisi printer pada keadaan mati (off), lalu lepaskan kabel Power dan USB.
  2. Kemudian cek pada bagian Piringan yang terletak pada bagian kiri printer, dan bersihkan menggunakan tisu kering.
  3. Selanjutnya bersihkan juga bagian Pita Printer yang melintang diantara wadah Catridge menggunakan tisu kering.
  4. Jika semuanya sudah, silahkan pasang kembali casing printer dan coba tes untuk melakukan cetak dokumen, jika masih belum bisa dan muncul kode error P02, silahkan lanjut ke langkah berikutnya.

Cara Keempat

  1. Buka casing printer dan cek pada bagian Selang Infus, jika posisi selang infus terhalang oleh Catridge, silahkan geser rumah catridge ke kanan dan ke kiri.
  2. Kemudian pastikan bahwa bagian Catridge tidak menutupi atau menghambat jalan dari Selang Infus.
  3. Selanjutnya hidupkan kembali printer Canon MP287 dan cek apakah bisa bekerja dengan normal atau tidak.

Penyebab Error P02 Pada Printer Canon

Indikasi Error P02 yang sering terjadi pada printer canon biasanya terlihat saat printer tersebut dihidupkan, dan Anda akan melihat gerakan dudukan Catridge yang begitu cepat dan menabrak bagian sisi kanan, dan hal inilah yang menandakan bahwa printer tersebut tidak normal dan mengalami error, dan penyebab kerusakan tersebut antara lain adalah:

  • Kertas yang tersangkut / terselip pada bagian Tray.
  • Jalur Catridge terhalang oleh benda.
  • Jalur Catridge rusak (tidak bisa digerakkan).
  • Selang Infus terhalang oleh jalur Catridge.
  • Dinamo / Motor tidak berfungsi.
  • Piringan printer rusak.

Demikianlah artikel mengenai cara memperbaiki error P02 Printer Canon MP287, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar jika masih ada langkah-langkah yang belum Anda ketahui, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *