Cara Flash ASUS Z008D

Cara Flash ASUS Z008D

Cara Flash ASUS Zenfone 2 (Z008B, Z008c, Z008D) – Bagi pengguna yang hobi melakukan oprek pada ponsel Android miliknya, rasanya sudah menjadi hal wajar jika mengalami masalah seperti contohnya Bootloop, Hang, Stuck sampai logo maupun aplikasi bawaan ponsel menjadi force close.

Hal tersebut bisa terjadi pada semua perangkat android, dan penyebab yang sering ditemukan adalah kesalahan saat kita melakukan modifikasi ke dalam sistem android tersebut, entah saat proses rooting, menginstall custom rom dll, sehingga ponsel menjadi tidak bisa kita gunakan seperti sediakala.

Untuk memperbaiki masalah tersebut juga terbilang mudah, salah satunya dengan mencoba melakukan Hard Reset, ataupun menggunakan cara paling ampuh yaitu dengan flashing firmware bawaan, seperti yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu cara flash ASUS Zenfone 2 seri (Z008B, Z008C, Z008D) menggunakan flashtool dan ADB agar lebih mudah dan cepat.

Namun perlu Anda ingat jika cara ini hanya berlaku pada ponsel ASUS Zenfone 2 saja, dengan seri yang sudah saya sebutkan diatas, selain itu cara ini juga dapat digunakan jika Anda mengalami masalah serius pada ponsel ASUS tersebut, seperti kasus yang sering ditemukan adalah:

  • Bootloop (tidak bisa booting).
  • Stuck (hidup sampai logo).
  • Gagal Booting.
  • Aplikasi Force Close (aplikasi bawaan berhenti).
  • Aplikasi Bawaan Tidak Bisa Dibuka.

Nah jika mendapat masalah seperti diatas, cara paling disarankan adalah melakukan flashing pada ponsel ASUS Zenfone 2 milik Anda, untuk caranya bisa simak langkah-langkah dibawah ini.

Lihat juga: Cara Mematikan Update IDM di Windows

Cara Flash ASUS Z008D (Zenfone 2)

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk melakukan flashing pada HP ASUS seri Z008B, Z008C dan Z008D, jadi silahkan Anda pilih sendiri ingin menggunakan cara yang mana.

Via ADB

Bahan + File yang dibutuhkan.

Pastikan file firmware yang bernama UL-Z008-WW-2.20.40.156-user.zip sudah Anda rename menjadi z2.zip terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk memindahkanya kedalam folder installasi ADB FastBoot.

lokasi Minimal ADB FastBoot: C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot.

  1. Download semua bahan diatas dan install aplikasi Intel Android USB Driver.Cara Flash ASUS Z008D Via FlashTool
  2. Jika mendapat peringatan security, silahkan Anda klik saja Install sampai proses installasi selesai.Flashing ASUS Zenfone 2
  3. Sambungkan HP ASUS Z008D Anda ke PC menggunakan kabel USB.
  4. Kemudian jalankan aplikasi Minimal ADB and Fastboot.
  5. Lalu tes apakah device sudah terbaca dengan cara ketikkan “adb fastboot” lalu enter.Memflash ASUS Z008D, Z008C
  6. Jika muncul pesan seperti diatas maka device sudah berhasil terbaca oleh ADB, selanjutnya kita bisa mulai untuk lanjut ke cara flash ASUS Z008D kita.
  7. Selanjutnya untuk mulai melakukan flashing, silahkan ketikkan “adb sideload z2.zip” dan tunggu prosesnya hingga selesai sampai 100%.Flash ASUS Zen 2 Via ADB
  8. Jika proses flash sudah selesai, maka device akan secara otomatis restart dengan sendirinya.
  9. Selesai, selamat Anda sudah berhasil flash ASUS Zenfone 2 menggunakan ADB.

Via FlashTool

Bahan + File yang dibutuhkan.

Kemudian install USB Driver dan ASUS FlashTool pada PC Anda, jika sudah saatnya kita masuk ke langkah-langkah dibawah ini.

  1. Hubungkan HP Anda dengan PC menggunakan kabel USB dengan menggunakan mode fastboot, caranya tekan dan tahan Tombol Power + Volume Atas secara bersamaan hingga masuk ke dalam menu FastBoot Mode.
  2. Kemudian buka ASUS FlashTool dan tunggu hingga FlashTool mendeteksi device tersebut.
  3. Selanjutnya pada menu BOX silahkan Anda klik dan cari file .RAW yang sudah didownload.
  4. Setelah itu akan muncul tombol Start Flashing, dan klik tombol tersebut maka proses flash akan segera berjalan.
  5. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 5~10 menit hingga proses berjalan selesai dengan sendirinya.
  6. Jika proses telah selesai, maka device akan restart dengan sendirinya.

Demikianlah cara flashing ASUS Zenfone 2 dengan mudah menggunakan cara via ADB, FlasTool dan SD Card, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar