Cara Mematikan Update IDM

Cara Mematikan Update IDM dan Notifikasi Yang Sering Muncul – IDM atau yang lebih dikenal sebagai Internet Download Manager merupakan salah satu program Windows yang sering digunakan oleh pengguna sebagai alat untuk mempercepat proses unduhan mereka, apalagi penggunaan IDM saat ini yang terbilang sangat mudah karena sudah terintegrasi secara langsung melalui extension pada setiap browser, misalnya browser Google Chrome, Mozilla FireFox dan Brave, artinya saat Anda melakukan download memakai browser tersebut, maka unduhan akan dialihkan secara langsung ke IDM.

Oleh sebab itulah saat ini banyak ditemukan beberapa pengguna yang lebih memilih menggunakan IDM sebagai aplikasi downloder mereka melalui PC windows hingga PC MacOs, karena seperti yang kita ketahui jika saat menggunakan Internet Download Manager maka proses unduhan yang kita lakukan akan terasa lebih cepat dan bisa di pause kapan saja kita mau, berbeda jika kita melakukan download secara langsung melalui browser bawaan yang tidak memiliki fitur pause hingga speed limiter.

Walaupun merupakan aplikasi downloader paling populer, akan tetapi tahukan Anda jika sebenarnya aplikasi IDM ternyata selalu rutin melakukan update versi tanpa kita sadari, bahkan saat proses update tersebut berlangsung, kita tidak mendapatkan notifikasi ataupun pemberitahuan update terlebih dahulu, jadi hal ini sangat disayangkan jika Anda pengguna IDM non resmi, karena setelah proses update selesai. kemungkinan besar IDM Anda akan mengalami error bahkan masa trial akan tidak dapat dipakai lagi.

Maka dari itu bagi Anda pengguna IDM (internet download manager) non resmi, maka solusi terbaik agar IDM tidak error setelah proses update adalah dengan cara mematikan fitur auto update yang ada pada setting aplikasi IDM, dan jika Anda belum mengetahui cara menonaktifkan update pada aplikasi IDM, silahkan simak artikel yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Selain saya akan menjelaskan cara menonaktifkan fitur auto update yanga ada di IDM, saya juga akan memberikan cara agar notifikasi dan peringatan update IDM tidak muncul, jadi Anda akan lebih bebas menggunakan aplikasi Internet Download Manager.

Cara Mematikan Update IDM di Windows 7 & 10

Melalui Registry

  1. Langkah pertama silahkan Anda klik pada menu pencarian Windows, lalu cari atau ketikkan nama “Registry” pada kolom dan jalankan program bernama Registry Editor.Mematikan Update Via Registry
  2. Setelah program Registry Editor terbuka, silahkan Anda buka folder HKEY_CURRENT_USER > Software > DownloadManager, lalu cari file bernama LstCheck.
  3. Kemudian klik kanan pada file LstCheck dan pilih Modify, nah disini silahkan Anda ganti opsi tahun menjadi 99 (09/07/99) lalu klik OK.Mematikan Update Otomatis pada IDM
  4. Selesai, terakhir tinggal restart perangkat Windows yang digunakan.

Melalui Rename File

  1. Pertama pastikan Anda untuk menutup program IDM terlebih dahulu.
  2. Kemudian masuk ke folder installasi IDM dan cari file bernama IDMGrHlp, lalu rename (ganti nama) file tersebut dengan nama bebas.Mengubah Nama File IDM
  3. Jika sudah silahkan restart perangkat Windows yang Anda gunakan.

Setelah Anda berhasil melakukan cara menonaktifkan update Internet Download Manager (IDM), saya yakin saat ini aplikasi IDM Anda tidak akan muncul notifikasi dan pemberitahuan permintaan update lagi.

FAQ

Bagaimana Mematikan Auto Update IDM?

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk mematikan fitur auto update pada IDM, cara pertama bisa dicoba melalui Registry Editor, dan cara kedua adalah dengan merubah nama file pada folder installasi, untuk lebih jelasnya simak artikel ini.

Apakah Bisa Diterapkan di Windows 7?

Sangat bisa, cara ini dapat digunakan pada semua perangkat Windows, baik itu Windows 7, 8 dan 10 versi 32-Bit dan 64-Bit.

Apakah Cara Ini Dijamin Berhasil?

Dijamin 100% cara ini sangat ampuh untuk mendisable update IDM yang sering muncul.

Demikianlah artikel mengenai cara mematikan update IDM pada Windows 7 dan Windows 10 secara permanen, jangan lupda berikan komentar jika cara diatas masih belum Anda pahami, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *