Cara Scan KTP Bolak Balik

Cara Scan KTP Bolak Balik Lewat HP Android – Scan merupakan suatu proses dimana kita bisa menyajikan beberapa jenis dokumen file ke dalam bentuk digital (foto), dan biasanya proses scan ini dilakukan oleh beberapa orang yang ingin melamar pekerjaan ataupun melakukan verifikasi identitas secara online, selain itu dengan melakukan scan pada sebuah file dokumen seperti KK, KTP hingga Ijazah, kita dapat merubah hasil scan tersebut ke beberapa format gambar antara lain JPG, PDF, JPEG hingga PNG.

Maka dari itu berhubung saat ini proses untuk melamar pekerjaan sering dilakukan secara online, maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara untuk membuat dokumen fisik dari data pribadi Anda ke dalam bentuk digital seperti foto dan format gambar lainya, walaupun sebenarnya untuk bisa melakukan scan dapat kita lakukan dengan mudah melalui mesin fotokopy, namun jika Anda malas keluar rumah dan ingin melakukan scan secara manual, maka solusi terbaik yang dapat dicoba adalah melakukan scan dengan bantuan aplikasi yang saat ini disediakan di HP android.

Meskipun saat ini scan sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui HP android, namun tetap saja masih ada beberapa pengguna yang belum mengatahui bagaimana cara melakukan scan KK ataupun data lain seperti KTP, Ijazah secara baik dan benar, maka oleh itu di kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial scan dokumen pribadi secara bolak balik menggunakan bantuan aplikasi yang ada di HP android ataupun iphone.

Namun sebelum Anda mencoba melakukan scan dokumen melalui HP android, pastikan Anda sudah menyiapkan berkas dokumen yang akan di scan, seperti dokumen KK, KTP, Ijazah hingga CPNS, dan juga Anda perlu mengunduh aplikasi scanner terlebih dahulu, dan jika belum silahkan lakukan unduhan melalui link dibawah ini.

Bagi pengguna ponsel Android

CamScanner - Mobile Scanner App to PDF
CamScanner - Mobile Scanner App to PDF

Bagi pengguna ponsel iPhone

‎iScanner: Dokumenten Scanner
‎iScanner: Dokumenten Scanner
Developer: BPMobile
Price: 16,99 €

Cara Scan KTP Bolak Balik di HP Android

  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi iScanner yang sudah di install.
  • Kemudian klik tombol Next lalu pilih tombol bulat dibwah dengan icon +.Cara Scan KTP, KK via Android
  • Setelah itu akan muncul jendela baru dan silahkan Anda pilih opsi Camera.Cara Menscan Ijazah dan Dokumen Bolak Balik
  • Lalu silahkan siapkan dokumen seperti KTP atau dokumen lain yang ingin Anda scan, jika sudah lakukan foto sesuai instruksi dari aplikasi.
  • Jika foto yang Anda lakukan sudah benar, maka otomatis hasil scan akan muncul dan siap untuk di edit.
  • Terakhir tinggal menyimpan file hasil scan tersebut ke memori internal ponsel dengan cara klik pada tombol Simpan yang berada di bagian atas, jika sudah maka hasilnya seperti contoh dibawah ini.Hasil Scan KTP yang Baik dan Benar

Cara Scan Ijazah, KK dan KTP Tanpa Aplikasi

  1. Pertama siapkan HP android yang memiliki resolusi kamera baik, minimum resolusi kamera 5MP.
  2. Kemudian silahkan buka aplikasi kamera bawaan dan mulailah lakukan foto pada dokumen yang akan dibuat file scan.Cara SCan KTP tanpa Aplikasi
  3. Jika sudah maka selanjutnya Anda hanya perlu mengedit hasil foto tersebut agar terlihat seperti layaknya di scan melalui mesin fotokopy.

Cara Edit Hasil Scan KTP

Cara ini ditujukan bagi Anda yang merasa kurang puas dengan hasil scan lewat aplikasi ataupun tanpa aplikasi diatas, dan agar lebih mudah dan cepat maka solusi terbaik untuk cara edit hasil file scan diatas adalah dengan menggunakan aplikasi editor foto bawaan ponsel, dan langkah-langkah nya sebagai berikut.

1. Silahkan buka Galeri Foto pada ponsel dan cari foto hasil scan diatas.

Cara Edit Hasil Scan KTP

Lalu pilihlah menu Edit yang biasanya akan muncul pada bagian kanan atas, dan sampai menu editor maka Anda bisa melakukan editing hasil scan foto tersebut, misalnya ingin melakukan crop, merubah warna, menambah kontras dan lain sebagainya.

Nah gimana mudah bukan cara scan KTP secara bolak balik dengan HP Android atau iPhone? namun agar hasil foto lebih bagus, saya sarankan untuk menggunakan ponsel dengan spesifikasi kamera yang memadai, misalnya dengan menggunakan kamera yang mempunyai minimal resolusi 5 Mega Pixel (MP) atau diatasnya.

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar jika masih ada langkah yang kurang jelas, sekian dari saya terimakasih telah membaca dan sampi jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar